Ciri-ciri Komunikasi yang Efektif
Selamat Datang kembali para Blogger, kali ini saya akan sedikit sharing tentang apa yang saya dan teman-teman saya dapatkan di Mata Kuliah Keterampilan Komunikasi yang Mendidik. Saya bersama teman-teman dari kelas E Non Reg 2011 PGSD UNJ beberapa indikator komunikasi yang efektif yaitu :
Selamat Datang kembali para Blogger, kali ini saya akan sedikit sharing tentang apa yang saya dan teman-teman saya dapatkan di Mata Kuliah Keterampilan Komunikasi yang Mendidik. Saya bersama teman-teman dari kelas E Non Reg 2011 PGSD UNJ beberapa indikator komunikasi yang efektif yaitu :
- Terampil Mendengarkan, kita harus terampil dalam mendengarkan lawan bicara kita sehingga apa yang dia sampaikan benar-benar dapat dipahami oleh kita.
- Adanya Tema / Tujuan yang jelas, dengan adanya tujuan yang jelas kita dapat mengarahkan pembicaraan, tidak membuat pembicaraan menjadi tidak jelas, kita juga tahu kapan harus berhenti.
- Gestur / Gerakan / Mimik, komunikasi akan efektif bila kita dalam menyampaikan informasi kepada lawan bicara tidak datar (tanpa ekspresi mimik) dengan adanya gestur atau mimik pembicaraan akan terasa lebih hidup.
- Menguasai Materi, jika tidak menguasai materi mungkin kita akan merasa pembicaraan menjadi membingungkan, maka dari itu dalam berkomunikasi perlu penguasaan materi.
- Intonasi, intonasi membuat pembicaraan lebih jelas, tidak membingungkan.
- Penampilan, dalam beberapa hal kita harus memperhatikan penampilan sebelum berkomunikasi, dengan berpenampilan yang menarik maka komunikasi akan berjalan efektif, contohnya saja pembawa acara olahraga di televisi yang menggunakan pakaian yang sporty akan membuat penonton merasa nyaman dalam menyaksikannya.
- Pemanfaatan Media, penggunaan media akan memudahkan kita dalam berkomunikasi.
- Mengenali Lawan Bicara, apa yang akan anda lakukan jika berkomunikasi dengan orang yang tidak anda kenali? canggung pastinya, maka dari itu perlu untuk kita mengenali lawan bicara kita.
- Tidak Saling Menggurui / menghargai lawan bicara, ini yang sering membuat orang malas berbicara pada type orang yang seperti ini, kesannya tidak nyaman, perlu kita ketahui dalam komunikasi yang efektif kita tidak perlu menggurui lawan bicara kita.
- Adanya rasa nyaman, rasa nyaman bisa datang dari beberapa faktor, mulai dari aspek-aspek di atas, ataupun mood seseorang, bila mood seseorang itu sedang tidak bagus, lebih baik mencari waktu lain untuk membicarakannya.
- Fokus, fokus adalah satu faktor yang penting, kita tidak mendapatkan informasi apapun bila tidak fokus dengan apa yang dibicarakan begitu juga saat menyampaikannya.
- Tempat, tempat yang nyaman akan menghasilkan suasana yang nyaman juga, mungkin itulah pengungkapan kalimat yang tepat untuk aspek ini.
Tidak harus memegang semua aspek di atas untuk dapat dikatakan komunikasi yang efektif, tetapi semakin banyak aspek tersebut maka semakin efektif komunikasi kita. dalam Mata Kuliah kami di bimbing oleh Bapak Dr. Muhamad Syarif Sumantri selaku dosen melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat di SDN Lenggah Sari 03, dengan aspek-aspek diatas kami melakukan komunikasi yang efektif baik itu dengan lingkungan sekitar sekolah ataupun dengan para Guru dan Siswa.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar